SMP Muga Banjarmasin Kembali Melaksanakan Tasmi’ Hifdzil Qur’an

Pada hari Selasa-Rabu, tanggal 28 Februari – 1 Maret 2023 telah dilaksanakan Tasmi’ Hifdzil Qur’an (memperdengarkan hafalan dalam 1 kali duduk dihadapan para penguji), yang kali ini diikuti oleh 8 siswa-siswi SMP Muga di antaranya: Ahmad Ihsan Rabbani (kelas 8), Hafiz Mubarak (kelas 9), Naila Ramadhani (kelas 8), Permata Jelita W. (kelas 8), Asy-Syifa Qolbi (kelas 8), Salma Ali Mar’ie (kelas 8), Utin Noor Aisa (kelas 9), dan Muthmainnah (kelas 7).

Para Peserta Tasmi’ sedang Memperdengarkan Hafalannya di Hadapan Para Penguji

Kegiatan Tasmi’ dilaksanakan oleh para ustadz pengampu Pendidikan Al-Qur’an secara berkala tiap semesternya, semester sebelumnya Tasmi’ dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 September 2022 dengan diikuti oleh 3 siswi, yakni Asyalah (9 – Juz 29), Muthmainnah (7 – Juz 29 dan 30) dan Tsuraya Slimi (9 – Juz 30). Kemudian pada tanggal 21-25 November 2022 dilaksanakan Tasmi’ Akbar dengan jumlah peserta 24 orang (rincian peserta Tasmi’ Akbar bisa dilihat pada gambar).

Tasmi’ Hifdzil Qur’an SMP Muga pada bulan September dan November 2022

Diharapkan dengan adanya kegiatan Tasmi’ ini, siswa-siswi SMP Muga mampu menambah semangatnya untuk tetap menjaga dan terus menambah jumlah hafalannya, dan semoga ketika para siswa dan siswi lulus dari SMP Muga Banjarmasin, mereka tidak hanya mampu menghafalkan isi Al-Qur’an, tetapi juga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

Sambutan dari Kepala Sekolah (kiri) dan Laporan dari Ketua Pelaksana Tasmi’ Ustadz Fitriannor (kanan)

Selesai kegiatan Tasmi’ Kepala SMP Muga yaitu Ustadz Agus Setiawan Riyadi, M.Pd. berpesan kepada para peserta Tasmi’ agar ayat-ayat Al-Qur’an yang telah mereka hafal tidak hanya sampai di akal pikiran, tapi juga sampai ke hati dan perasaan, sehingga tercermin dalam perilaku dan perbuatan. Artinya, ayat-ayat Al-Qur’an yang mereka hafalkan menjadi pedoman mereka dalam berkehidupan sehari-hari, bukan sekedar dilafalkan melalui perkataan, tapi juga “dilafalkan” melalui perbuatan.
“Ustadz berharap agar kalian selalu semangat untuk menambah hafalan dengan senantiasa melakukan muraja’ah. Jika membaca dan menghafal Al-Qur’an itu bukti cinta kalian kepada Al-Qur’an, maka untuk membuktikan kesetiaannya adalah dengan muraja’ah” , tutup ustadz Agus dalam penutupan kegiatan Tasmi’.

Penyerahan Sertifikat Oleh Kepala Sekolah kepada Para Peserta Tasmi’

Ustadz Fitriannor selaku Ketua Pelaksana Tasmi’ Hifdzil Qur’an melaporkan bahwa dari 8 peserta yang ikut Tasmi’, alhamdulillah 4 di antaranya dinyatakan lulus, yakni Ahmad Ihsan Rabbani (Kelas 8 Putra) juz 29 dan 30, Muthmainnah (Kelas 7 Putri) juz 3, Naila Ramadhani (Kelas 8 Putri) juz 30, dan Asy-Syifa Qalbi (Kelas 7 Putri) juz 29. Selebihnya ada yang terkendala sakit dan masih perlu latihan lagi.

Tinggalkan Balasan