Kolaborasi SMP Muga Banjarmasin dengan Mahasiswa PPG Prajabatan ULM 2022

Pada hari Jum’at tanggal 10 Februari 2023 SMP Muga Banjarmasin menyambut kedatangan beberapa mahasiswa PPG Prajabatan ULM 2023, dalam rangka Sosialiasasi Program Kerja mereka di SMP Muga Banjarmasin yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2023.

Program Kerja mahasiswa PPG Prajabatan ULM 2022 diketuai oleh ustadz Artoni Yahya yang juga merupakan mantan guru IPA di SMP Muga ini, bertajuk Program Perubahan SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Secara spesifik proker yang akan ustadz Artoni Yahya dan 5 orang rekannya lakukan adalah Program Pendampingan Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila (Sinergi antara Orangtua dan Pihak Sekolah).

Sambutan dan Arahan Kepala SMP Muga Banjarmasin

“Adanya kolaborasi SMP Muga dengan mahasiswa PPG Prajabatan ULM sangat penting bagi pemahaman para guru, orangtua dan siswa terhadap penerapan Kurikulum Merdeka, khususnya terkait Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yg selama ini kegiatan proyek dilaksanakan oleh masing-masing mata pelajaran, sedangkan di Kurikulum Merdeka proyek dilaksanakan oleh lintas mata pelajaran”, ucap ustadz Agus Setiawan Riyadi selaku Kepala SMP Muga dalam sambutannya.

Program Perubahan ini terbagi atas 2 kegiatan utama, yakni:

  1. Parenting dan Sosialisasi Program kepada Orangtua Wali Murid SMP Muga
  2. Program Pendampingan Penguatan Karakter dan Proyek Profil Pelajar Pancasila

Selain sosialiasi, pada pertemuan ini juga dilakukan diskusi untuk menentukan proyek apa yang nantinya akan dilaksanakan oleh para guru dan siswa-siswi SMP Muga. Dalam diskusi tersebut, disepakati bahwa tema yang akan diambil adalah Gaya Hidup Berkelanjutan, dengan sub-tema Indahnya Sekolahku. Adapun judul proyek yang akan dilaksanakan adalah Vertical Garden dan Verticulture.

Secara khusus, proyek ini akan dilaksanakan oleh para siswa-siswi kelas 7 SMP Muga Banjarmasin karena pada tingkat ini mereka telah melaksanakan Kurikulum Merdeka (SMP Muga menjadi salah satu sekolah yang telah menerapkan IKM pada tahun 2022). Dalam pelaksanaan proyek, siswa-siswi kelas 7 akan dibantu oleh para siswa-siswi kelas 8 dan kelas 9 yang tergabung dalam Ekstrakurikuler Science Club.

Penyampaian Materi dari Ustadz Artoni Yahya (Ketua Program Perubahan)

“Pada kegiatan ini kami akan mendampingi para guru dan siswa-siswi secara intens dalam menjalankan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan juga ibadah harian siswa selama di rumah via daring melalui google form”, ucap ustadz Artoni Yahya dalam penyampaian materinya.

Sesi Diskusi Mahasiswa PPG Prajabatan ULM dengan Ustadz-Ustadzah SMP Muga

Proyek ini direncanakan selesai dan akan di launching pada tanggal 21 Maret 2023, atau sebelum memasuki bulan Ramadhan. Bismillah, biidznillah.

Rencana Proyek: Gb 1. Tempat Proyek (halaman depan sekolah) ; Gb 2. Vertical Garden; Gb. 3 Verticulture

Tinggalkan Balasan