Melatih Kedewasaan Melalui Kegiatan Jambore Hizbul Wathan Wilayah Kalimantan Selatan

Pada hari Jum’at tanggal 27 Januari 2023, sebanyak 10 orang putri dan 10 orang putra berangkan menuju Ruang Taman Hijau (RTH) Kijang Mas di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini (Jum’at-Ahad, 27-29 Januari 2023), bertepatan dengan pelaksanaan Musyawarah Wilayah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-38.

Siswa-siswi SMP Muga sedang memasang tenda

Ditengah cuaca yang kurang mendukung pada hari pertama, siswa-siswi SMP Muga tetap semangat dengan terus meningkatkan adaptasi terhadap situasi-kondisi alam. Kebersamaan dan kekompakkan mereka sangan terlihat pada kegiatan ini, mulai dari mendirikan tenda sampai dengan mempersiapan makan semua anggota tim.

Siswa-siswi SMP Muga sebelum mengikuti kegiatan Karnaval

Pada kegiatan ini juga, siswa-siswi SMP Muga dituntut kreativitasnya dalam menyelesaikan setiap tugas dan permasalahan yang ada. Kreativitas dari mereka sangat diperlukan agar setiap tugas dapat selesai secara efektif & efisien, serta permasalahan yang timbul dapat teratasi secara optimal.

Siswa-siswi SMP Muga dan peserta Jambore HW sholat berjama’ah

Banyaknya aktivitas yang mereka lakukan selama pelaksanaan Jambore HW, tidak membuat para peserta Jambore HW melupakan kewajibannya sebagai seorang muslim, yaitu melaksanakan Sholat 5 Waktu secara berjama’ah. Tentunya hal ini guna memastikan selain jasmani, rohani mereka terjaga selama pelaksanaan kegiatan.

Siswi putri SMP Muga mempersiapkan makan malam
Pentas Seni (Drama) Siswa-siswi SMP Muga
Para peserta Jambore HW SMP Muga ikut memeriahkan pelaksanan Musywil Muhammadiyah & ‘Aisyiyah ke-38
Upacara Penutupan

Kegiatan Jambore ditutup dengan pelaksanaan upacara penutupan. Harapan dari kegiatan ini adalah siswa-siswi SMP Muga yang terpilih dan telah dipersiapkan secara intens untuk mengikuti Jambore HW bisa menjadi pribadi yang Aqil-Baligh (dewasa secara fisik dan mental), “muga-muga kegiatan ini dapat menjadi pengalaman dan pembelajaran bagi anak-anak dalam proses pendewasaan diri mereka, harapan kami siswa-siswi SMP Muga menjadi para Aqil-Baligh yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia”, ujar Kepala SMP Muga Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan