SMP Muhammadiyah 3 Mengadakan Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Selasa, 21 Maret 2023 SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin melaksanakan Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), sekaligus memberikan apresiasi terhadap karya siswa-siswi SMP Muga Banjarmasin. Ada beberapa karya yang dipamerankan, yakni Taman Vertikal (Karya Kelas 7 dibantu Ekskul Science Club), Buku Antologi Sastra Puisi berjudul Aku dan Sang Alam (Karya Kelas 8) dan Buku Antologi Cerita Pendek berjudul Masa-Masa Sekolah (Kelas 9).

Untuk Proyek Buku Antologi telah dimulai dari pertengahan tahun 2022, sedangkan penerbitannya pada awal tahun 2023, yakni Buku Aku dan Sang Alam terbit pada bulan Januari 2023 (terdaftar & terstandar ISBN), Buku Masa-Masa Sekolah pada bulan Februari 2023 (terdaftar & terstandar QRCBN). Sedangkan untuk Proyek Taman Vertikal mulai dikerjakan oleh siswa-siswi kelas 7 beserta anggota ekskul science club dari akhir bulan Februari sampai bulan Maret (dikerjakan kurang lebih 1 bulan).

Proyek Taman Vertikal ini adalah hasil kolaborasi SMP Muga Banjarmasin dengan Mahasiswa PPG Prajabatan ULM 2022 yang sedang melakukan Proyek Perubahan (Program Pendampingan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Proyek ini juga di support oleh Orangtua Wali Murid SMP Muga, Majelis Dikdasmen PCM Banjarmasin 4, Lazismu KL Al-Jihad dan Dinas Lingkungan Hidup. Melalui Proyek Taman Vertikal ini diharapkan terbentuk siswa-siswi yang memiliki Profil Pelajar Pancasila yang Bergotong-royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif.

Pada agenda Pameran P5 yang dilaksanakan di halaman parkir gedung SMP Muga Banjarmasin, ustadz Agus selaku Kepala Sekolah mengatakan bahwa pameran ini sebagai bentuk apresiasi kita selaku orangtua dan guru terhadap hasil karya siswa-siswi, sekecil apapun proses, progres dan karya yang anak-anak kita buat, harus kita apresiasi dengan harapan dapat menambah motivasi untuk mereka selalu berinovasi dan berkreasi.

Beberapa siswa dan siswi sempat memberikan kesan pada agenda pameran tersebut, mereka mengaku senang dengan adanya proyek ini, walaupun lelah dan sempat tidak percaya diri, mereka senang dengan hasil yang mereka dapat, lebih senang lagi karena hasil karya mereka di apresiasi oleh pihak sekolah dan juga orang tua. Salah satu orangtua juga mengaku sangat senang melihat anaknya dapat terlibat dalam proyek yang mampu menambah daya imajinasi dan kreasi mereka.

Kesan-Pesan dari Perwakilan Siswa-siswi dan Orangtua

Pada kesempatan ini juga terpilih 1 siswa kelas 7 putra dan 1 siswi kelas 7 putri terbaik selama pelaksanaan proyek Taman Vertikal ini. Mereka yang terpilih dinilai berdasarkan semangat dan kemampuan mereka selama menjalankan tugas.

Photo Bersama Guru, Orangtua, Mahasiswa dan Siswa-siswi

Tinggalkan Balasan